Sekolah mempunyai arti yang sangat penting bagi kehidupan dan
perkembangan peserta didik. Sekolah
dipandang dapat memenuhi beberapa kebutuhan
peserta didik dan menentukan
kualitas kehidupan mereka dimasa depan. Tetapi
sekolah juga dapat
memicu terjadinya stres dikalangan
peserta didik. Tekanan akademik dan
sosial dapat memicu
terjadinya stres (Blizzard,1996).
Chapman, et al. (1992) mengungkapkan bahwa stres akademik merupakan
konsekuensi dari penilaian siswa terhadap tuntutan yang stressfull dan persepsi mereka tentang kemampuan yang mereka miliki
untukmengatasi tuntutan tersebut.
Stres akademik merupakan stres yang disebabkan oleh academic
stressor. Academic stressor yaitu stres siswa yang bersumber dari proses
belajar mengajar atau hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan belajar yang
meliputi: tekanan untuk naik kelas, lama belajar, mencontek, banyak tugas,
mendapat nilai ulangan, birokrasi, mendapatkan
beasiswa, keputusan menentukan
jurusan dan karir serta kecemasan ujian dan manajemen waktu (Desmita,2011: 297).
Penelitian Wilks (2008) menunjukkan bahwa masa menempuh pendidikan
di sekolah menengah merupakan suatu pengalaman
yang berharga bagi remaja, tetapi disisi lain banyak siswa berpendapat bahwa menempuh pendidikan yang lebih
tinggi merupakan masa transisi yang ditandai
dengan seperangkat tuntutan yan berkaitan
dengan pengaturan. Stres akademik merupakan produk kombinasi dari tuntutan
terkait dengan bidang akademik yang melebihi kemampuan yang dimiliki individu.
Refrensi :
Refrensi :
- http://wawasanbk.blogspot.com/2012/10/konsep-stres-akademik.html
- Blizzard, Gayle Armstrong. (1996). Helping Your Child Deal With Academic Stress. [Online]. Tersedia : http:// www.edumart.com /helping-your-chid-dealwith-academic-stress.pdf. [18 Oktober 2011].
- Chapman, David. W et al.,. (1992). Academic Stress of International Studen Attending U.S. Universities. Research in Higher Education. Vol.33 (5).
- Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik: Panduan bagi Orang Tua dan Guru dalamMemahami Psikologi anak Usia SD, SMP, dan SMA. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Wilks, Scott. E. (2008). Resilience a mid Academic Stress: The Moderating Impact of Social Support among Social Work Students. International Journal of Social Work, Vol. 9(2), 106-125
- http://wawasanbk.blogspot.com/
0 comments:
Post a Comment