Kejenuhan belajar dapat menimbulkan dampak buruk pada kondisi psikologis individu dan pencapaian prestasinya. Cherniss (1980:65) mengungkapkan bahwa dampak psikis dari kejenuhan akan berakibat pada kemandekan pencapaian prestasi individu secara personal, akademik,sosial atau professional. Sedangkan Sugara (2011 : 19) mengemukakan bahwa dampak dari kejenuhan belajar adalah menjadikan siswa tidak produktif dalam belajar dan potensi yang dimilikinya terhambat. Selain itu, bentuk resistensi lain dari kejenuhan belajar juga mengakibatkan proses pembelajaran menjadi tidak efektif dan tidak kondusifnya iklim emosional di dalam kelas. Hal ini terjadi karena siswa mengalami keletihan secara fisik, mental dan emosional. Adapun Makmun (2001:134) mengemukakan kejenuhan belajar dinilai sebagai ketidakmampuan daya ingatan mengakomodasikan informasi atau pengalaman baru atau individu merasakan bahwa hasil belajar tidak ada kemajuan untuk beberapa waktu tertentu.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh Agustin
(2008:9) di kalangan mahasiswa menunjukkan
bahwa dampak yang dirasakan akibat kejenuhan belajar yaitu : (1) menjadi suka
marah-marah 25, 5 %, (2) sering susah tidur 26, 5 %, (3) tidak peduli dengan
tugas perkuliahan (tugas belajar) 14, 5 %, (4) tidak peduli dengan nilai
(raport) 14,5 %, (5) mudah bosan dengan kegiatan belajar 57 %, (6) menjadi
mudah tersinggung 31,5 %, (7) sering gelisah 44 %, (8) menjadi mudah sakit 13
%, (9) sering merasa gagal 21,5 %, dan (10) merasa rendah diri 23,5 %. Ilfiandra (2002: 66) menambahkan konsekuensi dari burnout
yang terjadi di kalangan para guru yaitu ; (1) hancurnya semangat hidup atau kerja (belajar),(2) keputusan untuk berhenti selamanya dari profesinya (putus sekolah), (3) terperangkap dalam tugas, (4) apatis menunggu pensiun tiba, (5)
meninggalkan tugas awal dengan mengejar rentang jabatan yang lebih tinggi, (6)
membentuk coping strategy yang memungkinkan terjadinya pertumbuhan pribadi
(personal growth).
Berdasarkan uraian tersebut, kejenuhan belajar jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan memburuknya kondisi
psikologis individu yang bisa mempengaruhi pada kualitas diri individu,
pencapaian prestasi dan masa depannya.
Refrensi :
Refrensi :
- http://wawasanbk.blogspot.com/2012/10/dampak-kejenuhan-belajar-bagi-siswa.html
- Agustin, M. (2008). Model Konseling Kognitif Perilaku untuk Menangani Kejenuhan Belajar Mahasiswa. Disertasi Doktor pada PPs UPI Bandung. Tidak Diterbitkan.
- Cherniss (1980). Staff Burnout Job Stress in The Human Service. London : Sage Publications.
- Sugara, G. S. (2011). Efektivitas Teknik Self-Instruction dalam Menangani Kejenuhan Belajar Siswa. Skripsi Jurusan PPB-FIP UPI. (Tidak Diterbitkan).
- Makmun, A. 2000. Psikologi Kependidikan. Edisi Revisi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
- http://wawasanbk.blogspot.com/
0 comments:
Post a Comment